Gambar 1. Siswa sedang memilih secara drive thru pada bilik

 Gambar 2. Jajaran KPU mengunjungi pelaksanaan Pemilos       

   

  Gambar 3. Pihak sekolah, pembina OSIS, dan Jajaran KPU Bantul 

   Gambar 4. Bilik pemilihan suara dirancang dengan menjaga jarak

 

Dalam rangka menegakkan hak pilih dan menanamkan budaya nasionalis demokrasi sejak dini, SMA 1 Jetis mengadakan Pemilihan OSIS (Pemilos), pada tanggal 4-5 November 2020. Pemilihan OSIS SMA N 1 Jetis kali ini, dilaksanakan dengan teknis berbeda dengan tahun sebelumnya. Teknis pelaksanaan Pemilos tahun ini menggunakan metode drive thrue atau layanan memilih calon pengurus OSIS tanpa perlu turun dari sepeda motor. Metode ini terinsipirasi dari layanan pembelian suatu produk makanan yang memberikan layanan drive thru pada konsumennya. Berdasarkan pertimbangan pihak sekolah maupun OSIS, metode drive thru sangatlah tepat untuk melaksanakan Pemilos saat ini, terlebih di tengah situasi pandemi dimana protokol kesehatan harus selalu diterapkan dan menjadi prioritas utama.

Dalam pelaksanaannya, Pemilos drive thru ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang dilaksanakan diantaranya siswa harus melakukan 8 tahapan pemilihan, yaitu 1) pengecekan suhu tubuh saat memasuki gerbang, 2) mensterilkan telapak tangan dengan hand sanitizer, 3) menandatangani surat pernyataan/pakta integritas,4) mengumpulkan lembar pernyataan, 5) pengambilan surat suara, 6) memilih calon pengurus, dan 7) memasukkan lembar suara ke kotak suara, dan 8) diberi tanda telah memilih dengan tinta tetes.  Selain tahapan tersebut, siswa atau pemilih dan panitia pemilos juga diwajibkan menggunakan masker.

Kepala SMA N 1 Jetis, Dra. Yati Utami Purwaningsih, M. Pd, mengatakan bahwa kegiatan pemilos diikuti oleh 836 siswa secara terjadwal. Menurutnya penyelenggaraan pemilos ini berjalan lancar meski ada perbedaan yang cukup signifikan, yaitu di tata cara memilih dengan drive thru. Beliau juga menyampaikan, Pemilos tidak dilaksanakan secara online dengan tujuan supaya menjaga kemurnian dan mengawal keotentikan hak pilih siswa, sekaligus menghindari adanya kecurangan yang terjadi dalam pemilihan OSIS ini.

Sejalan dengan tujuan dan harapan pihak sekolah akan pelaksanaan Pemilos, Jajaran KPU Kabupaten Bantul juga mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan Pemilos di SMA N 1 Jetis Bantul. Hal tersebut terbukti dengan pemantauan langsung oleh pihak KPU Bantul pada Kamis, 5 November 2020. Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Jaka Nugroho mengatakan bahwa  metode yang digunakan dalam kegiatan pemilos SMA N 1 Jetis cukup baik dan  adaptif pada kondisi pandemic Covid-19 sat ini. Beliau mewakili jajarannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah dan panitia Pemilos yang telah berupaya untuk tetap melaksanakan pemilos dengan terobosan metode drive thru yang tentunya melindungi hak-hak konstitusi demokrasi di lingkungan sekolah tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. (Admin)

 

 

Tepat di Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2020, siswa SMA N 1 Jetis kembali mengukir prestasinya pada kejuaraan lomba debat dan lomba bahasa jawa. Tiga kejuaraan di raih siswa diantaranya yaitu Juara I lomba debat bahasa Indonesia yang diadakan oleh Universitas Widya Mataram, juara I membaca geguritan tingkat DIY oleh Ananda Akhla Millata, dan juara harapan I membaca cerkak ananda Zidni. 

Kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat siswa SMA N 1 Jetis untuk terus mengukir prestasi. Siswa SMA N 1 Jetis mengikuti ajang kejuaraan baik dibidang akademik maupun nonakademik. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang menjadi juara dalam perhelatan lomba. Adapun beberapa prestasi yang ditorehkan siswa SMA N 1 Jetis diantaranya

 

XC

    

Pandemi COVID-19 memberikan pengaruh positif dan negatif pada pelaksanaan proses pembelajaran di SMA N 1 Jetis. Positifnya, dengan diberlakukan pembelajaran sistem PJJ, guru dan siswa  lebih cakap dalam menggunakan berbagai aplikasi berbasis teknolgi untuk mempermudah jalannya pembelajaran. Hal ini memicu percepatan transformasi teknologi pendidikan terutama penggunaan teknologi dalam pendidikan selaras dengan era Revolusi Industri 4.0 yang terus merangsek maju. Sedangkan dampak negatif yang dirasakan salah satunya proses pembelajaran mengalami berbagai kendala diantaranya siswa tidak mengikuti pembelajaran karena tidak memiliki fasilitas (handphone) dikarenakan orang tua terdampak ekonomi akibat PHK masal. Permasalahan ini tentu mendapat perhatian khusus oleh pihak sekolah. Oleh karena itu, dengan adanya hibah dari hamba Alloh, pada hari Selasa (22/9/2020) SMA N 1 Jetis menyalurkan bantuan handphone kepada 2 siswa yang terdampak pandemi COVID-19 oleh Kepala SMA N 1 Jetis Dra Yati Utami Purwaningsih, M. Pd dan Ketua Komite Sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar.

 

Alhamdulillah, setelah melewati perjuangan selama tiga tahun belajar, berjuang demi meraih cita, siswa SMA N 1 Jetis angkatan 2019/2020 berhasil lolos masuk perguruan tinggi yang diimpikan. Tentunya hasil yang telah didapatkan siswa ini buah dari perjuangan siswa, peran guru dan orangtua siswa. Semoga siswa kami yang telah diterima di perguruan tinggi dapat lebih meningkatkan semangat, berusaha dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan studinya dan dapat mencapai cita-citanya. Berikut kami sampaikan data siswa yang diterima di perguruan tinggi dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Page 1 of 6

sman1jetis logo

Jalan Imogiri Barat Km 11,
Dusun Kertan, Desa Sumberagung,
Kec. Jetis, Kab. Bantul,
Prov. D.I. Yogyakarta,
Indonesia 55781
Telp. : (0274) 2810161

STATISTIK

0.png8.png5.png0.png6.png7.png

Visitor Info

  • IP: 3.238.190.82
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online
1
Online

2020-11-28