Di bawah rindangnya pohon kelengkeng, jajaran waka dan guru menyambut kunjungan rombongan MKKS Bangka Belitung yang terdiri dari Kepala Sekolah SMP/SMA/SMK pada hari Selasa, 08 Juni 2021. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari pelaksanaan tes PISA yang pernah dilaksanakan di SMA N 1 Jetis. Kegiatan ini diawali dengan sambutan kepala SMA N 1 Jetis Drs. Jamal Sarwana yang menyampaikan pelaksanaan PISA yang telah dilakukan sebelumnya oleh siswa. Dilanjutkan dengan mengenalkan beberapa fasilitas yang ada di SMA N 1 jetis. acara kunjungan diakhiri dengan penjelasan oleh staff kurikulum tentang beberapa hal  mengenai tes PISA diantaranya: 1) draft framework PISA 2022 dari situs Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD), dan skor PISA bukan atas nama Jogja, Bangka Belitung, atau daerah lain, tetapi membawa nama Indonesia. 2) proses pembelajaran harus berubah supaya anak dapat menjelaskan, 3). penyusunan soal harus diberikan stimulus dengan berdasarkan fakta dan realita yang bisa diambil dari berbagai sumber terpercaya, serta soal harus mengandung unsur mengevaluasi, menganalisis, dan menyimpulkan.

Pada hari ini Selasa, 08 Juni 2021 bertempat di SMA Negeri 1 Jetis diadakan kegiatan cap 3 jari ijazah. Kegiatan ini diperuntukan bagi siswa kelas XII yang telah lulus pada tahun ajaran 2020/2021. Dikarenakan masih dalam masa Pandemi Covid-19 yang belum selesai, namun dalam rangka Cap Tiga jari Ijazah harus dilakukan dengan menghadirkan siswa ke sekolah. Untuk mengantisipasi dan mencegah penularan Covid-19 pelaksanaan Cap Tiga jari Ijazah dilaksanakan dengan pemenuhan protokol kesehatan yang sangat ketat. Bertempat di ruang kelas masing-masing Peserta Didik yang telah LULUS Tahun Ajaran 2020/2021 melakukan Cap Tiga Jari pada Ijazah  dengan dilayani wali kelas nasing-masing.  Peserta didik dijadwal kedatangannya ke sekolah dengan menggunakan shift dan harus memakai masker.

 

Mulai hari Senin, 31 Mei 2021 SMA Negeri 1 Jetis melaksanakan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka. Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka ini dilaksanakan selama 4 hari. Awalnya ujicoba terjadwalkan 2 hari pada tanggal 31 Mei 2021 dan 02 Juni 2021 dengan pembagian kelas IPA dan IPS untuk kelas X dan XI. Kemudian setelah dilakukan evaluasi dan dianggap pelaksanaan ujicoba berjalan dengan lancar, Kepala Sekolah dan Satgas Covid19 SMA N 1 Jetis berinisiatif untuk melakukan ujicoba pembelajaran tatap muka yang diikuti seluruh kelas X - XI IPA/IPS dengan pembagian sesi pagi dan sesi siang.

Uji coba ini dilaksanakan untuk siswa kelas X dan XI dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Persetujuan dari Orang Tua Siswa 
  • Siswa dan guru serta karyawan telah mengisi ceklist kesiapan Pembelajaran Tatap Muka sebagai skrining awal guna memantau keamanan pembelajaran
  • Mentaati dan melaksanakan Protokol Kesehatan yang telah ditentukan Pemerintah, Pemerintah Prov/Kota/Kecamatan

Adapun skenario Pembelajaran Tatap Muka di SMA Negeri 1 Jetis sebagai berikut:

  • Peserta Didik berangkat dari rumah tidak mengunakan angkutan massal melainkan diantar oleh orang tua, atau mengendarai kendaraan sendiri dengan ketentuan sudah memakai masker, membawa handsanitizer, membawa lap/kanebo, sudah sarapan/membawa bekal.
  • sesampai disekolah pengantar menuju tempat DROP OFF yang telah disediakan yaitu di lapangan dengan tetap menjaga jarak antara sesama pengantar.
  • Peserta didik menuju tempat pengukuran suhu badan ditempat yang telah ditentukan jika suhu sama atau kurang dari 37,3 derajat Celcius maka siswa dapat melanjutkan menuju ke tempat cuci tangan dengan tetap menjaga jarak. Apabila suhu badan melebihi 37,3 derajat Celcius siswa ditempatkan di ruang tunggu atau bisa pulang.
  • Siswa setelah melakukan cuci tangan bisa menuju ke ruang kelas masing masing melalui jalur/rambu yang telah disiapkan dengan berjalan secara satu persatu, tidak beriringan/bersebelahan.
  • Sesampai dikelas, wali kelas sudah menunggu siswanya dan siap berada di ruang kelas terlebih dahulu sebelum siswa datang. Begitu siswa datang wali kelas dapat mempersilahkan siswa untu menmpati meja/kursinya sendiri sendiri dengan sebelumnya mengatur membersihkan meja/kursi siswa masing masing dengan disinfecktan dan siswa me lap dengan kanebo yang telah dibawanya.
  • Wali kelas melakukan presensi dan tugas lain termasuk memandu siswa mengisi ceklist

Dimulai pada hari Senin, 07 Juni 2021 sampai dengan hari Senin, 16 Juni 2021 SMA Negeri 1 Jetis melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI secara daring dengan menggunakan aplikasi berbasis Moodle. Siswa mengajarkan PAT secara daring dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan koneksi internet, sedangkan siswa yang mengalami kesulitan ataupun kendala difasilitasi dapat mengerjakan ujian di laboratorium komputer. 

 

Kamis, 05 Mei 2021 merupakan hari yang bersejarah bagi keluarga besar SMAN 1 Jetis, khususnya bagi putra dan putri kelas XII yang melaksanakan purnawiyata. Walaupun ada hal yang berbeda dengan pelaksanaan wisuda purna wiyata karena masih dalam kondisi pandemi yang belum berakhir sehingga tidak semua putra dan putri kelas XII SMAN 1 Jetis dapat melaksanakan secara langsung di moment wisuda kali ini. Dalam pelaksanaan wisuda, ada sebagian siswa yang dihadirkan disekolah yaitu siswa yang mendapatkan nilai tertinggi atau diambil 3 besar setiap kelas dengan didampingi wali siswa, dan sebagian lainnya mengikuti prosesi wisuda virtual melalui zoom. Kedua skenario tersebut dilaksanakan dikarenakan SMAN 1 Jetis masih memegang teguh aturan dalam protokol kesehatan.

Acara yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d 11.00 WIB berjalan sesuai rundown yang telah ditetapkan, tak lupa rasa khitmat acara tersaji dalan wisuda siswa tahun ini. Diawali dengan sambutan Kepala Sekolah SMA N 1 Jetis Bantul Drs. Jamal Sarwana yang menyampaikan harapan kepada siswa kelas XII yang telah lulus da menyelesaikan masa studinya serta berpesan agar para siswa tetap menjaga nama baik sekolah dan siap untuk memberikan sumbangsihnya terhadap masyarakat. Dilanjutkan dengan prosesi wisuda yang dimulai dengan pengalungan samir dan pemberian penghargaan kepada siswa memperoleh juara 3 besar pada program IPA/IPS. Kemudian dilanjutkan dengan pengalungan samir oleh wali siswa di rumah masing-masing.

Serangkaian acara yang bernuansa sejuk dan khitmat tersebut kini menjadikan langkah awal semua siswa siswi kelas XII untuk melesat lebih jauh lagi setelah menjadi wisudawan. Janganlah melupakan dari mana kita dibentuk, janganlah kita lupa asal kita ditempa. Selamat dan sukses kelas XII tahun pelajaran 2020/2021 yang telah menjadi Wisudawan.

  2 2   5

  6   g       

  5 2   4

Page 1 of 9

sman1jetis logo

Jalan Imogiri Barat Km 11,
Dusun Kertan, Desa Sumberagung,
Kec. Jetis, Kab. Bantul,
Prov. D.I. Yogyakarta,
Indonesia 55781
Telp. : (0274) 2810161

STATISTIK

1.png4.png1.png2.png9.png0.png

Visitor Info

  • IP: 35.170.64.36
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online
4
Online

2021-06-16